Tuesday, August 19, 2008

Paporit aliyas Favorit

Posted by silvia nugroho at Tuesday, August 19, 2008
Kemaren malem…..waktu lagi makan malem di rumah mertuaku, aku,mas harry dan papa-mama mertuaku seperti biasa ngobrol-ngobrol…topiknya macem-macem dan salah satunya adalah cerita tentang ponakan mas harry yang sekarang dah di kelas 1 SD

Jujur waktu denger ceritanya, aku merinding…..aku ga tau yaa, mungkin buat sebagian orang sikapku ini hiperbol bangeed…..jadi gini nih…ponakan mas harry itu (ponakan aku juga dong ya..he..he..) masuk ke kelas A, yaitu kelas dimana isinya itu anak-anak pinter bin cerdas..pokonya yang paliiing deh di sekalohnya itu

Nah…trus setiap hari ponakanku itu masuknya jam 6.45, pagi banget ya…iya…karena dia ada kelas iqro di pagi harinya itu…Yang bikin aku merinding, menurut cerita mama mertuaku, kalo seandeinya dalam 6 bulan penilaian si anak kemampuan iqro ga bagus, maka dia akan turun kelas ke B…kalo kurang lagi…turun lagi ke C…terus ampe yang paling bontot itu kelas H,kebayang ga sih anak yang dapet kelas H...minder ga ya...secara di skolah itu pengelompokkannya jelas banget...kasiyan...

Ayo gimana ga merinding coba…..menurut aku sih (*ini pendapat aku ya…yg punya otak ga cemerlang-cemerlang banget alias pas-pasan..he..he..*) apa ga jadi bikin pelajaran mengaji itu bikin si anak menjadi terbebani…belum lagi kelas paporit itu…..aku ngrasanya kok kaya dikotak-kotakin yaa…tapi mungkin sebenernya bukan cuma mengenai iqro ajah ya yg bikin si anak turun grade…pasti ada faktor laen…mungkin info yg di dapet mama belum semua…..

Yang lebih aku takutin lagi, obsesi kita sebagei ortu…ayoo… kalo mo jujur, kita pan pasti banggah tuh kalo anak kita masuk kelas “khusus orang-orang jempolan” Naah…trus dengan sendirinya otak kita akan terprogram ataw ga bikin kita terobsesi gimana caranya biar anak kita ga keluar dari kelas itu dan di kelas itu pun tetep masuk unggulan…

Trusss….salah satu caranya adalah dengan mendidik si anak untuk lebih giat lagi belajar…..belajar….belajarr teruss, kalo dah kaya gitu masih ada waktu ga buat maen..??Padahal menurut aku (sekali lagi, menurut aku lohh..!!) dunia anak walopun tuh anak dah SD kan bukan cuma sekolah dan belajar….tapi…mereka juga masih teteup butuh waktu untuk bermain…..

Makanya pengennya sih anak-anak kalo dah masuk sekolah ntar semoga sekolahnya ga ada deh dikelompok-kelompokkin gitu…hmmm…mungkin ga ya..??atau sekarang emang di sekolah-sekolah emang kaya gitu…waduuh…ampiuun dong kalo gitu…kesian ya anak-anak…

Moga-moga dalam urusan mencari sekolah buat anak-anak ku ntar aku dapet yang sesuai harapan…sekolah yang engga cuma mencetak anak kita jadi jempolan di otak ajah…tapi juga jempolan secara emosi dan spiritual…haalaaah…banyak maunya si ibu teh ya….namanya juga harapan seorang ibu yaa….

2 comments on "Paporit aliyas Favorit"

astri on 8/21/2008 5:21 AM said...

wah asik banyak crita.. :D soal pengelompokan kelas, aku dulu pernah ngalamin sil, jaman SMP karna SMP-ku termasuk favorit... aku pernah crita soal ini di blog... itu bener-bener bikin stress deh...

pas SMA, keulang juga, kelas A1-1 tuh yang paling jagoan... kebetulan aku masuk kelas itu, tapi jadinya bener-bener gag betah... karna semua anak-anaknya mo-nya belajaaaaar terus.. padaal aku kan pengen juga bolos gitu kek, atow kadang ulangan dapet jelek... buat temen-temenku, nilai 6 itu udah memalukan banged... padaal aku pernah dapet kurang dari itu, kan jadinya ikutan minder... untungnya trus aku pergi ke ostraliyah karna AFS... bebas deh.. hahaha... la ko malah curhat gag puguh... :D

baedeweh, mudah-mudahan segera dapet jawaban dari istikharahnya yah :)

Mama Azka on 8/21/2008 7:22 PM said...

Duh, kacian atuh ya anaknya jadi study oriented. Padaal hidup nantinya kan bukan buat belajar mulu kerasa banget nih ma aku, disuruh belajar mulu. Begitu tinggal di camp gaul ma ibu2 istri karyawan..wadoow ga bisa main voli, ga bisa nari salsa, ga bisa main canasta, ga bisa karaokean...rangking 1, IPK gede ternyata ga ada artinya begitu kita hdp bersosialisasi

 

ceritanya si bubu Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez